IMG-LOGO
Berita Lokal

Mahasiswa KKN UIN Salatiga menyelenggarakan sosialisasi Stunting

Create By doni 29 February 2024 63 Views
IMG

Berkolaborasi dengan TP PKK Desa Donomulyo Mahasiswa KKN UIN Salatiga menyelenggarakan sosialisasi stunting dengan tema "Cegah Stunting Sebelum Genting"

 

 

 

Koordinator Desa KKN UIN SALATIGA (Arif Fahrudin Nugroho), menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang terjalin dan berharap agar kolaborasi semacam ini dapat terus berjalan untuk menekan tingkat stunting yang ada di Desa Donomulyo.

 

Kegiatan sosialisasi ini pada  hari selasa 2 Februari 2024 dengan mengundang pemateri dari Dinas Sosial ( Gardea Tyas Wardani, S.K.M ). Sosialisasi ini berfokus dalam pembahasan Pentingnya KB dan Gizi yang mencukupi untuk anak. Gardea Tyas Wardani " Timbulnya anak stunting diebabkan dari berbagai aspek, salah satunya ketidaktahuan para ibu tentang Kb dan Gizi yang cukup untuk anak. Kb berperan penting untuk pencegahan stunting, dengan adanya Kb dapat mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. sedangkan untuk Gizi mempengaruhi tumbuh kembang anak. Anak dengan usia dibawah lima tahun rentan terkena stunting maka para ibu-ibu harus dibekali dengan pengetahuan tentang gizi yang pas untuk anak dibawah lima tahun.

 

Dedeh Kurniasih (Wakil Ketua TP PKK Desa Donomulyo) " Upaya Pencegahan yang dilakukan TP PKK Desa Donomulyo beserta kader-kader posyandu antara lain : Mendampingi Calon Pengantin, Mendampingi Ibu Paska Salin, Mendampingi Ibu Hamil, Mendampingi Baduta ( 1000 hari kehidupan ), dan Mendampingi Balita.

 

Acara sosialisasi ini diakhiri dengan foto bersama dan pengisian kuisioner tiap posyandu dusun, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman para kader posyandu di setiap dusun tentang penanganan stunting.

96,8 FM Radio Gemilang